Konsultan yang Berkualitas Hasilkan Regulasi Bermutu

By Admin

nusakini.com-- Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementeran Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Yusid Toyib berharap agar para konsultan bekerja dengan sungguh-sungguh agar menghasilkan regulasi yang bermutu. 

"Saya minta konsultan bekerja sungguh-sungguh dan berkualitas. Karena dengan hasil yang berkualitas akan menghasilkan regulasi yang bermutu,” kata Yusid pada Focus Group Discussion Terpadu dalam Rangka Pencapaian Tertib Penyelenggaraan Jasa Konstruksi, Tangerang Selatan (Tangsel), Selasa (25/10). 

Menurutnya, Direktorat Jenderal Bina Konstruksi sebagai pelaksana tugas pembinaan jasa konstruksi, menghasilkan regulasi yang penting bagi arah kemajuan sektor konstruksi di Indonesia. "Tentu kita bangga jika bisa menjadi bagian dari kemajuan tersebut,” kata Yusid. 

Untuk itu masukan berupa potret tertib penyelenggaraan jasa konstruksi sangat penting untuk menjadi dasar regulasi yang akan dikeluarkan, atau untuk merevisi regulasi yang telah ada. “Disinilah hasil monitoring evaluasi tertib penyelenggaraan jasa konstruksi menjadi potret yang dimaksud kemudian menjadi bahan masukan regulasi, sementara yang telah ada, dipakai dulu di Ditjen Bina Konstruksi,” kata Yusid. 

Dirjen Bina Konstruksi juga mengingatkan agar di tahun mendatang jangan sampai ada pengulangan pekerjaan. "Hasil kajian yang telah ada harus dimanfaatkan secara maksimal,” ucapnya. 

Terdapat lima bidang pekerjaan konsultan yang berpartisipasi pada FGD tersebut, yaitu Konsultan Pembinaan Teknis Sistem Penyelenggaraan, Konsultan Pembinaan Teknis Kontrak Konstruksi, Konsultan Pembinaan Teknis Konstruksi Berkelanjutan, Konsultan Pembinaan Teknis Sistem Manajemen Mutu, dan Konsultan Manajemen Pembinaan Teknis Penyelenggaraan Jasa Konstruksi. (p/ab)